Rabu, 13 Februari 2019

Cara Memperbanyak ASI Sebelum Melahirkan untuk Persalinan

ASI merupakan cairan yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi tersedia dalam ASI. Untuk dapat menjaga jumlah ASI yang keluar perlu diperhatikan sebelum masa kelahiran dari sang bayi yang nantinya setelah bayi keluar dapat langsung untuk diberi ASI. Berikurt cara memperbanyak ASI sebelum proses melahirkan:

1. Membersihkan Area Puting
Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memperbanyak ASI adalah dengan membersihkan area puting. Selama menunggun hari periraan kelahiran (HPL) sebaiknya ibu membersihkan area puting secara rutin.

Faktor yang menjadi penyebab ASI tersumbat adalah karenan kemungkinan terdapat banyak kotoran yang mengendap pada puting payudara. Cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar Asi tersebut adalah dengan membersihkan area puting dengan menggunkan minyak bayi agar kotoran yang terdapat pada area tersebut dapat luruh seketika.

2. Kurangi Mengkonsumsi Kafein
Pada sat ibu sedang mengandung atau hamil, sebaiknya tidak boleh untuk mengonsumsi minuman soda maupun minuman yang mnegandung kafein. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut dengan mengganti minuman dengan air putih. Hal tersebut berguna untuk memperlancar ASI utama agar dapat keluar.

3. Memijat Payudara
Cara selanjutnya yang digunakan untuk memperbanyak ASI keluar pada sebelum kelahiran adalaah dengan memijat payudara. Anda dapat melakukan pijatan payudara pada area sekitar payudara secara perlahan dengan searah jarum jam. Hal tersebut dapat membuat otot-otot pada payudara menjadi rileks dan dapat memperlancar peredaran darah pada payudara.

4. Mengonsumsi Bahan Herbal
Cara memperbanyak ASI yang dapat dilakukan sebelum masa kelahiran adalah dengan mengonsumsi bahan herbal. Anda dapat melakukannya dengan mengonsumsi dau katuk yang telah terbukti dapat memperlancar ASI. Kandungan yang terdapat pada ekstrak daun katuk dapat merangsang produksi ASI Anda.

5. Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat juga harus dilakukan oleh sang ibu sebelum masa kelahiran, agar ASI dapat keluar dengan baik. Pola hidup sehat yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan pelancar ASI. Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah juga dengan minum air putih, menghindari alkohol dan rokok agar janin yang dikandung tidak mengalami gangguan.

Olahraga juga sangat dibuhkan bagi ibu pada masa kehamilan. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan olahraga berupa senam kehamilan yang juga berfungsi sebagai pelancar ASI bagi bayi karena Anda memilki tubuh yang sehat. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan diri untuk berjalan setiap hari.

6. Tidak Menggunakan Bra yang Terlalu Ketat
Penggunaan bra yang terlalu ketatjuga dapat mengurangi produksi ASI. Penggunaan tersebut dapat mengakibatkan bahu dan punggung Anda terasa sakit serta payudara yang tidak sehat. Pada saat kehamilan sebaiknya Anda menggunakan bra yang pas dengan tubuh Anda. Payudara yang tidak sehat juga dapat memicu Asi untuk tidak keluar.

Kegiatan di atas sebaiknya dilaksanakan pada saat masa kehamilan, agar nantinya pada saat masa pesalinan, bayi dapat diberikan asupan pertama berupa ASI yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi tersebut. Untuk mengetahui cara memperbanyak ASI yang lain dapat dilihat di orami.co.id.  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top